Saturday, April 10, 2010

Reciprocal Link dan Non-reciprocal Links

Backlink/Link yang didapat suatu situs dibedakan menjadi dua yaitu Link searah dan dua arah atau Reciprocal Link dan Non-reciprocal Links, manakah yang lebih menguntungkan?

Reciprocal link adalah link dua arah antara 2 situs yang berbeda yang biasa disebut juga tukar link (link exchange) contohnya : Situs A memberikan link ke situs B dan begitu juga sebaliknya situs B memberikan link ke situs A. Hal ini dilakukan untuk berbagi informasi, pengunjung dan juga untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.
Non-reciprocal link adalah link satu arah (one way link) atau suatu situs memberikan link ke situs lain tanpa adanya link balik ke situsnya. Misalkan suatu situs A memberikan link ke situs B tetapi situs B tidak memberikan link balik ke situs A. Non-reciprocal link dianggap sebagai rekomendasi oleh situs A ke situs B. Metode non-reciprocal link ini dilakukan untuk mengoptimasi Situs B di mesin pencari.
Metode Reciprocal Link dulunya sangat populer digunakan. Setiap kita bertukaran link dengan situs lain yang relevan maka kita mendapatkan backlink ke situs kita dan begitu juga situs kita akan memberikan backlink ke situs mereka, semakin banyak kita bertukaran link dengan situs lain maka semakin banyak pula kita akan mendapat backlink yang bagus (apalagi kalau mendapat backlink dari situs yang popularitasnya tinggi). Hal ini banyak dilakukan oleh pemilik situs untuk mendapatkan backlink dan meningkatkan popularitas situsnya, baik ranking (PR) maupun peringkat tinggi di mesin pencari. Tetapi dengan berjalannya tren mesin pencari yang telah berubah, maka metode ini sudah usang dan kurang efektif lagi karena mesin pencari mulai menyadari adanya link trade (pertukaran link) dan situs-situs yang melakukan pertukaran link dalam kapasitas yang tidak normal tidak akan mendapatkan apa-apa bahkan bisa di blacklist karena di anggap link farm. Maka metode non-reciprocal link mulai memainkan peran dalam menentukan ranking halaman web di search engine.
Hal ini menjadi keuntungan bagi beberapa pihak tentunya. Seperti yang ada tahu sekarang banyak menjamur program seperti Backlinks, textlinkads, linkworth, teliad, dll yang menjual one way link yang dibutuhkan oleh pengiklan untuk meningkatkan popularitas situs mereka.
Hindarilah bertukaran link yang berlebihan apalagi yang tidak relevan dengan isi atau topik situs anda karena bisa dianggap link farm oleh mesin pencari khususnya google, mulailah mencari Non-reciprocal link untuk mengoptimasikan situs anda. sebagaimana diunduh dari http://fadli.org/reciprocal-link-dan-non-reciprocal-links

Post a Comment

All Comments


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...